Untuk sekarang ini banyak sekali pertanyaan yang muncul untuk pemula dan masih bingung untuk start dari mana.  Dalam hal ini kalian tidak perlu khawatir lagi ada produksi investasi yang bisa dibeli dengan modal yang tidak terlalu besar dengan keuntungan yang lumayan besar adalah investasi reksadana atau mutual fund.

Hal harus dilakukan saat ini adalah investasikan keuangan kalian karena akan berguna di kemudian hari, tetapi kalian masih bingung mau investasi apa? Terus bagaimana caranya? Terus bagaimana sih caranya jika kalian belum mempunyai banyak modal untuk berinvestasi?

Perlu anda ketahui reksadana atau Mutual Fund merupakan kumpulan dana dari masyarakat, atau pihak pemodal, pihak investor agar selanjutnya dikelola oleh manajer investasi dan kemudian di investasikan kepada berbagai jenis porfolio investasi efek atau produk keuangan yang lainnya.

Cara mulai Investasi Reksadana

Apakah kalian punya cita-cita keuangan seperti menyiapkan biaya pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi, membeli rumah impian di masa depan, biaya traveling ke negara impian, atau investasi untuk modal dana pensiun.

Tujuan ini akan berhubungan erat dengan jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang tepat untuk kalian. Tujuan juga bisa digunakan sebagai motivasi kalian. Percuma juga kalian investasi tanpa ada tujuan jelas. apabila kalian suda ketemu tujuannya, bisa lakukan ini:

  • Pilih Platform Investasi

Hal pertama yang harus dilakukan, tentukan dulu platform investasi reksadana mana yang akan digunakan. Berikutnya adalah reksadana online yang menjual beragam produk reksadana dari banyak manager investasi, jadi banyak pilihannya.

  • Pahami Macam-Macam Reksa Dana

Ada banyak jenis reksa dana berdasarkan alokasi investasinya, sebagai berikut:

  • Reksadana Pasar Uang

Alokasi investasi reksadana pasar uang adalah seluruhnya di tempatkan pada hasil pasar uang yaitu, sertifikat bank Indonesia, surat berharga pasar uang, dan lain-lain.

Keunggulannya:

  • Reksadana pasar uang memiliki risiko yang relatif sangat rendah dari sisi default, berkurangnya nilai aktiva bersih (NAB), likuiditas, dsb.
  • Bisa mulai investasi reksadana pasar modal dengan modal Rp100.000,-
  • Bisa dicairkan kapan saja, pencairan sebelum jatuh tempo tidak dikenai pinalti atau potongan.
  • Return (imbal hasil) investasi reksadana pasar uang lebih besar dibandingkan deposito bank.
  • Waktu investasi sangat fleksibel, bisa 1 hari, bisa 10 hari, dsb. Tetap mendapatkan return yang sama.
  • Cocok dipilih untuk investasi jangka pendek.

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap yakni penempatan dana pada efek utang. Surat utang atau obligasi bisa berupa obligasi pemerintah atau korporasi (perusahaan).

Jenis reksadana berdasarkan sifat investasinya:

  • Stable Fund merupakan reksadana yang mengutamakan jenis portofolio investasi yang bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan keuntungan yang stabil. Jenis investasinya memiliki sifat volatilitas yang agak kurang contohnya investasi di instrumen obligasi
  • Safty Fund merupakan reksadana yang lebih mementingkan keutamaan keamanan atas dana investasi dan tidak meyukai volalitas harga atau ketidakstabilan pendapatan dari instrumen investasinya.
  • Growth Fund merupakan reksadana memiliki portofolio investasi yang bertujuan agar mendapatlan pertumbuhan keuntungan yang sangat tinggi.
  • Reksadana saham merupakan reksadana yang portofolio investasinya dengan bentuk saham dengan jumlah sekurang Karanganyar delapan puluh persen dari total aset investasinya

Itulah informasi tentang Jenis reksadana berdasarkan sifat investasinya dan semoga bermanfaat buat anda semuanya bagi yang belum mengetahui tentang Mutual Fund atau reksa dana.