by

Mengenal Jenis Layanan Medis Paliatif Onkologi

Kanker memang masuk golongan penyakit berbahaya yang sudah membunuh banyak nyawa. Sehingga tak heran jika seandainya masyarakat juga takut terserang masalah kesehatan yang satu ini. Belum lagi dengan biaya pengobatan yang harus dikeluarkan jika seandainya sampai terjangkit kanker juga terbilang begitu mahal. Dalam beberapa kondisi ketika penyakit kanker ini sudah masuk pada stadium akhir, terkadang pengobatan yang dijalani juga sudah tidak membuahkan hasil, hanya tinggal menunggu waktu saja. Sehingga dokter sendiri akan menyarankan pengobatan paliatif. Kini sudah ada layanan paliatif onkologi di rumah yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif.

Apa itu? Pastinya banyak yang masih asing dengan pengobatan paliatif ini sendiri, ini adalah sebuah perawatan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien kanker ini sendiri. termasuk diantaranya adalah dengan menghadapi masalah kesehatan yang mengancam jiwa tersebut. Cara untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri yang timbul hingga masalah fisik sampai dengan sosialnya. Mengingat tak dapat dipungkiri jika seandainya kanker ini merupakan momok yang paling menakutkan, karena tindakan pengobatannya banyak dan juga menyakitkan. Sehingga kerap membuat penderitanya sendiri depresi dan putus asa untuk bisa sembuh.

Perawatan yang satu ini dilakukan ketika sudah masuk pada stadium lanjut, yang mana memang pengobatan yang dilakukan mungkin sudah tidak seefektif dulu, karena kondisi kanker yang semakin tumbuh mengganas. Umumnya pengobatan yang satu ini juga tak dilakukan oleh sembarangan orang, melainkan yang sudah spesialis saja. Berikut ini diantara beberapa prosedur yang dilakukan selama fase pengobatan tersebut, yaitu:

  1. Mengatasi gangguan fisik, diantara hal-hal yang termasuk dalam gangguan fisik pasien atau penderita kanker adalah rasa nyeri yang datang sewaktu-waktu, kemudian juga ada rasa susah tidur, perut sakit, napas pendek sampai dengan berkurangnya nafsu makan. Sehingga nantinya tenaga medis untuk perawatan paliatif ini akan membantu dan melatih beberapa teknik untuk mengatasi kondisi tersebut.
  2. Mengatasi gangguan sosial sampai dengan emosi, rasa takut, marah dan juga emosi yang tidak terkontrol pada dasarnya merupakan hal yang wajar terjadi pada penderita kanker ini, karena memang kondisinya sudah tidak seperti dulu, begitu juga dengan yang dirasakan oleh keluarga pasien tersebut. Sehingga nantinya ada seorang spesialis yang akan memberikan konseling untuk mengurangi terjadinya gangguan-gangguan tersebut.
  3. Dapat mengurangi masalah finansial yang akan dihadapi, karena memang penyakit kanker ini bukan termasuk dalam masalah kesehatan ringan. Melainkan kondisi kesehatan yang cukup serius sehingga memakan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatannya. Maka nantinya tenaga medis ini juga harus menjelaskan terlebih dahulu rincian berapa besar biaya yang harus dikeluarkan dalam hal ini, juga alternatif untuk pengeluaran tersebut agar tidak semakin membengkak.
  4. Dapat meringankan masalah spiritual, dengan adanya layanan semacam ini juga sebenarnya mendorong pasien untuk semakin dekat dengan spiritual atau sang penciptanya. Yaitu semakin rajin untuk beribadah agar menemukan kedamaian.

Ada beragam jenis terapi paliatif yang dapat dilakukan, mulai diantaranya adalah terapi seni, terapi musik, terapi hewan dan yang lainnya. pastinya Anda sendiri juga harus pilah-pilih layanan paliatif onkologi di rumah yang terbaik, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dari pasien kanker tersebut, meskipun kondisinya sendiri juga sudah cukup parah. Tak perlu khawatir karena sekarang ini Anda bisa pilah-pilih yang terbaik hanya dari Aido Health, langsung saja cek di website resminya.

News Feed