by

OPPO A5s, Perangkat Tambahan A3 dengan Sensor Sidik Jari

Tidak semua orang membutuhkan smartphone unggulan atau premium dengan spesifikasi mewah, OPPO sangat akrab dengan segmentasi pasar. Oleh karena itu, OPPO memiliki seri A; versi hemat dari seri F yang menargetkan segmen menengah ke bawah dan bekerja dengan cukup baik.

Setelah meluncurkan OPPO A3 pada akhir tahun lalu, sekarang OPPO telah merilis Oppo A5s. Sebagai anggota seri A, perangkat ini masih mewarisi kapasitas baterai yang besar dan sejumlah elemen kontemporer. Sebut saja, desain takik layar tetesan air dan konfigurasi kamera ganda. Unit OPPO A5s yang saya ulas adalah varian RAM 2GB dan memori internal 32GB yang dibanderol Rp1.999.000. Berikut ulasan lengkap OPPO A5s.

Perbedaan antara OPPO A5s dan A3s

Ketika A3 pertama kali dirilis, harganya juga Rp1.999.000. Sekarang harganya telah turun menjadi IDR 1.799.000, dengan perbedaan ini dari Rp 200.000 apa perbedaan antara A5 dan A3? Keduanya memiliki layar resolusi HD + 6,2 inci dalam rasio 19: 9 dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Kemampuan kamera juga identik dan kapasitas baterainya setara dengan 4.230 mAh.

Perbedaannya adalah A3 memiliki gaya desain takik iPhone X, sedangkan A5s memiliki takik layar tetesan air. Namun perbedaan besar kedua adalah pada chipset yang digunakan, A3 dengan Snapdragon 450 dan A5 dengan Helio P35.

Selain itu, meskipun semuanya dilengkapi dengan 2 GB RAM, memori internal A5s lebih luas, 32 GB (hanya A3s 16 GB). Satu hal yang lebih penting, A5s memiliki sensor sidik jari yang terpasang di punggungnya.

Apa Perbedaan Oppo A5s dan Oppo A3s?

Desain dengan Layar Waterdrop Notch

OPPO A5s memiliki tampilan lanskap 6,2 dengan dimensi 155,9 x 75,4 x 8,2 mm dan berat 170 gram. Panel IPS mengemas desain takik layar tetesan air, resolusinya adalah HD + (720 × 1520 piksel; 271 ppi) dalam rasio layar 19: 9, dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Tubuh memiliki bingkai logam dan bagian belakang menggunakan bahan komposit kaca tempered seperti kebanyakan smartphone OPPO lainnya. Yang unik adalah balutan warna, ada yang hitam dan merah.

Unit yang saya ulas berwarna merah yang terlihat sangat terkonsentrasi di dekat hati merah atau Iron Man Superhero. Desainnya cukup stylish untuk ukuran smartphone Rp2 juta, warna merah ini tentunya mampu mendukung gaya hidup Anda yang ingin tampil modis. Sementara itu, warna hitam muncul dalam arah yang lebih klasik dan terlihat netral.

Untuk kelengkapan atributnya, di bagian belakang terdapat sensor sidik jari, serta pengaturan dua kamera dan lampu kilat LED dengan sentuhan emas di bagian tepinya persis seperti yang ditemukan pada OPPO F9.

Terus ke sisi kanan ada tombol power, sedangkan di sisi kiri ada tombol volume dan SIM Tray yang berisi tiga slot, dua untuk kartu seluler nano SIM dan satu microSD. Sisi atas polos, speaker, port microUSB, mikrofon, dan jack audio 3,5mm berkumpul di sisi bawah.

Android 8.1 Oreo dengan ColorOS 5.2

Berbeda dengan seri F11 yang sudah menjalankan Android 9 Pie dengan versi terbaru dari ColorOS 6, A5s masih terjebak pada sistem operasi yang lebih lama; yaitu Android 8.1 Oreo dengan ColorOS versi 5.2.

Fitur seperti navigasi gerakan swipe-up tersedia untuk memaksimalkan pengalaman smartphone layar penuh. Fitur Smart Assistant Oppo A5s juga menyediakan informasi pribadi dan akses cepat ke sejumlah fungsi dan aplikasi.